Pengertian Nilai Dasar Instrumental dan Praksis dalam Pancasila

Hallo apa kabar sobat? kali ini admin akan memberikan sekilas informasi mengenai pengertian nilai dasar instrumental dan praksis dalam pancasila beserta contohnya – Pancasila merupakan ideologi dasar bagi negara yang bersumber dari warisan bangsa indonesia dan wajib kita jaga dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Nilai Dasar Instrumental dan Praksis dalam Pancasila

Dalam pancasila terdapat suatu nilai  yaitu dasar instrumental dan praksis, nah sudah tahukah kamu dengan istilah tersebut? jika belum mari simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian nilai dasar dan contohnya
 nilai dasar merupakan suatu nilai yang memliki sifat tidak berubah-rubah (tetap). Contoh nilai-nilai tersebut terdapaat pada pembukaan Undang-undang dasar 1945  yang berisi tentang nilai ketuhanan, nilai kemanusian, nilai persatuan, dan nilai Kerakyatan dan Keadilan Sosial. 

Selanjutnya dijabarkan menjadi nilai-nilai yang disebut instrumental dan nilai praxis yang mana memiliki sifat yang lebih fleksibel dalam membangun suatu  aturan-aturan atau norma untuk
kehidupan bemasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pengertian instrumental dan contohnya

nilai instrumental merupakan suatu nilai yang menjadi sebuah pedoman dalam peaksanaan dari nilai dasar yang berkaitan dengan tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari.  yang akan menjadi norma moral

contoh nilai ini : dapat kamu temukan dalam pasal UUD yang mana merupakan penjabaran Pancasila.

Pengertian nilai praksis dan contohnya

nilai praksis merupakan suatu nilai yang dihasilkan melalui penjabaran lebih lanjut dari nilai instrumental dalam kehidupan yang lebih nyata dengan demikian nilai ini merupakan pelaksanaan secara nyata dari nilai dasar dan nilai instrumental.

Baca juga :   Pengertian Kebijakan Fiskal dan Moneter Beserta Contohnya

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *