Pengertian Barang Mentah, Barang Setengah Jadi dan Barang Jadi Beserta Contohnya

Pengertian Barang Mentah, Barang Setengah Jadi dan Barang Jadi Beserta Contohnya
Barang-barang hasil produksi yang kita gunakan sehari-hari sebelum menjadi barang jadi tentunnya melewati beberapa tahapan proses pengerjaan, mulai dari barang mentah, barang setengah jadi hingga akhirnya menghasilkan barang jadi yang dapat dikonsumsi atau digunakan oleh manusia.

Nah, bagi teman-teman yang belum mengetahui perbedaan di antara ketigannya yaitu Barang Mentah, Barang Setengah Jadi dan Barang Jadi, di sini saya akan memberikan penjelasan. Langsung silahkan simak penjelasan singkat di bawah ini.

Baca juga :  Macam Macam Alat Transportasi Darat

Pengertian barang mentah beserta contohnya

Barang mentah, sepertinya nama istilahnya bahwa barang mentah adalah barang yang masih mentah / baru atau secara umum barang tersebut adalah didapatkan dari alam, dan belum diproses sama sekali.

Contoh barang mentah yaitu : Tanah liat, minyak mentah, daun teh, buah kopi, dan kayu glondongan yang baru ditebang.

Pengertian barang setengah jadi beserta contohnya

Barang setengah jadi merupakan proses pengolahan barang mentah atau yang masih pada tahapan proses produksi sehingga belum menjadi barang siap pakai. Contoh barang setengah jadi yaitu benang, emas batangan setelah melalui proses pemurnian, kain, monel yang siap dibentuk, kopra, kulit binatang dan sebagainya.

Pengertian barang jadi beserta contohnya

Barang jadi adalah barang yang telah melalui proses pengolahan dari barang mentah  ke barang setegah jadi. Barang jadi dapat artikan juga sebagai barang yang siap dikonsumsi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Contoh barang jadi yaitu  Perhiasan monel, Perhiasan emas, Batu bata merah yang dibuat dari tanah liat, pakaian, minyak goreng, kursi atau meja, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Macam-macam Timbangan dan Kegunaannya

Demikianlah ulasan Pengertian Barang Mentah, Barang Setengah Jadi dan Barang Jadi Beserta Contohnya. Apabila ada kesalahan dalam penulisan atau terdapat penjelasan yang tidak jelas,  Silahkan pembaca menyampaikannya  melalui komentar di bawah ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *