Macam-macam Timbangan dan Kegunaannya Beserta Gambarnya

Halo, teman-teman, kali ini admin akan membahas Macam-macam Timbangan dan Kegunaannya Beserta Gambarnya – Pastinya kalian sudah pernah menggunakan alat yang satu ini, entah itu timbangan untuk mengukur berat badan maupun timbangan untuk mengukur berat pada suatu benda seperti beras, gula, maupun yang lainnya.

Tapi tak banyak yang tahu, setiap timbangan itu memiliki kategori masing-masing baik itu digital maupun mekanik. Nah, bagi yang masih kurang jelas mari simak dulu penjelasan tentang timbangan di bawah ini.

Timbangan merupakan suatu alat yang digunakan dalam pengukuran massa pada sebuah benda beserta untuk mengetahui nilainya. Timbangan atau bisa disebut neraca dapat dikategorikan sebagai sistem elektronik dan juga digital. alat yang dipakai melakukan pengukuran massa suatu benda. Timbangan/neraca dapat dikategorikan kedalam sistem mekanik, elektronik /Digital dan hybrid.

 Adapun timbangan terdiri dari beberapa kategori dan termasuk kategori manakah suatu timbangan adalah terletak pada cara kerjanya, untuk itu berikut Macam-macam Timbangan dan Kegunaannya Beserta Gambarnya.

Timbangan Manual

Macam-macam Timbangan dan Kegunaannya Beserta Gambarnya

Timbangan yang satu ini termasuk dalam kategori mekanik karena memang cara kerjanya adalah secara mekanik yaitu dengan menggunakan sistem pegas. menurut wikipedia Pegas merupakan benda elastis yang dapat menyimpan energi mekanis. Untuk mengetahui ukuran atau nilai pada timbangan manual, biasanya terdapat jarum sebagai penunjuk ukuran massa pada benda yang sedang diukur.

 Timbangan digital

Macam-macam Timbangan dan Kegunaannya Beserta Gambarnya

Seperti namanya, timbangan ini termasuk dalam jenis atau kategori elektronik atau digital karena jika dilihat cara kerjanya sudah sangat jelas yaitu menggunakan listrik sebagai daya untuk menjalankan alat ini dalam mengukur suatu benda. Alat ini akan menunjukan data atau ukuran yang biasanya berupa angka yang tertera secara digital.

Timbangan hybrid

Macam-macam Timbangan dan Kegunaannya Beserta Gambarnya

Kalau yang satu ini mungkin dapat dikategorikan dalam dua kategori sekaligus yakni perpaduan antara sistem elektronik dan manual. Bahkan perkembangan timbangan hybrid saat ini  memiliki kemampuan dalam menampilkan hasil pengukuran di mana dapat di tampilkan di dalam layar, Diinput ke komputer, bahkan dihubungkan dengan IOT.

Adapun cara penggunaannya, timbangan dapat dikelompokkan sebagai berikut :

  •  Timbangan Badan, yaitu alat ukur yang digunakan untuk mengetahui berat badan seseorang. Contoh timbangan ini dapat digunakan untuk mengukur berat badan bayi,anak-anak maupun orang dewasa dewasa.
  • Timbangan Lantai, yaitu alat ukur yang cara penggunaanya dengan meletakannya pada permukaan lantai. Kegunaan dari alat ini adalah untuk mengukur suatu benda dengan volume besar.
  •  Timbangan Gantung, merupakan suatu alat ukur yang cara penggunaanya diletakkan secara menggantung dan bekerja dengan prinsip tuas.
  • Timbangan Duduk, yaitu merupakan alat ukur yang mana cara pengguannya, benda yang ingin diukur diletakan pada bagian kotak seperti tempat duduk.
  •  Timbangan Meja, yaitu alat ukur yang biasa diletekan pada meja dan mungkin termasuk timbangan hybrid karena terdapat timbangan meja digital dan timbangan digital manual. Alat yang satu ini biasanya digunakan untuk mengukur berat pada beras atau gula.
  •  Timbangan Counting, yaitu alat hitung yang kegunaanya untuk menimbang barang. Berdasarkan jumlah. Alat ini sering digunakan untuk menimbang baut, mur, paku, dan lain-lain.
  •  Timbangan Platform : sering dijumpai pada industri baik industri retail maupun manufacturing. kegunaannya adalah untuk mengukur benda-benda yang terdapat pada industri tersebut.
  •  Timbangan Hewan/Ternak, seperti namanya bahwa jenis timbangan ini kegunaanya adalah untuk mengetahui berat pada hewan seperti kambing, sapi, kerbau maupun hewan-hewan lainnya.
  •   Timbangan Digital Gram, suaut alat ukur yang memiliki ketelitian baca terkecil di antara jenis timbangan lainnya.
  • Timbangan Emas, merupakan timbangan yang biasanya digunakan untuk mengukur massa pada suatu benda dengan akurasi tinggi. Tak hanya dapat menggukur benda berjenis emas melainkan juga dapat mengukur logam mulia lainnya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Macam-macam Timbangan dan Kegunaannya Beserta Gambarnya. Semoga bermanfaat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *