Cara Mengatasi Error Connection Refused pada Google Chrome

Cara Mengatasi Error Connection Refused pada Google Chrome – Hallo apa kabar buat agan-agan dan aganwati semuanya. Bagi kamu pengguna setia browser google chrome pastinya sudah mengetahui fungsi dan kelebihan maupun kekurangan yang dimilikinya. Oke, sebelum saya bahas lebih lanjut ada baiknya saya akan mengulas sedikit tentang chrome yang merupakan salah satu browser terbaik untuk desktop maupun mobile

Chrome merupakan sebuah software yang dapat mempercepat pengguna untuk berkunjung ke sebuah website dan tersedia di hampir semua platform baik mobile maupun desktop. Chrome dikembangkan oleh google yang merupakan suatu perusahaan besar yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi siapapun. Meski banyak kelebihan seperti fitur dan kecepatan yang dimilikinya, nyatanya terkadang pengguna mengalami masalah pada browser yang satu ini entah itu disebakan dari browsernya sendiri yang error atau penggunanya sendiri yang melakukan kesalahan.

Nah salah satu pesan kesalahan yang muncul saat mengakses website yaitu “Error Connection Refused” atau kalau diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia artinya adalah “Sambungan Kesalahan Ditolak”. Saat muncul kesalahan tersebut, halaman yang diakses tidak dapat muncul padahal sudah direfresh berkali-kali namun juga tidak ada perubahan. Tentu sobat bertanya-tanya apa yang menjadi penyebabnya?

Kemungkinan masalah ini terjadi karena masalah server situs – namun terkadang ada penyebab lain yang disebabkan dari sisi penggunanya. Jadi untuk memastikan dan sekaligus memperbaiki masalah tersebut, langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini :

1. Periksa apakah situs bermasalah atau tidak

Metode yang pertama ini sangatlah sederhana untuk dipraktekan. Caranya silahkan refresh situs yang tidak mau tampil halamanya, setelah melakukannya namun tak ada perubahan. Coba sobat kunjungi situs yang lainnya. Jika situs yang lainnya tidak ada masalah atau mau tampil halamanya berarti dapat dipastikan situs yang sobat akses sebelumnya sedang bermasalah.

2. Ubah alamat IP

Terkadang, masalah ini juga termasuk pada ISP sobat dan juga alamat IPnya. Sobat dapat mengubah alamat IP  menggunakan perangkat lunak VPN gratis atau perangkat lunak Proxy. Jika situs dapat terbuka, maka penyebab besar masalahnya adalah alamat IP atau ISP sobat.

3. Ubah DNS Server

Apakah sobat menggunakan koneksi Ethernet langsung atau Wi-F? Jika iya coba sobat ubah pengaturan DNS. 

Tekan Win + R, ketik ncpa.cpl, dan tekan tombol Enter. Klik kanan pada Ethernet atau koneksi yang sobat gunakan, dan pilih Properties. Sekarang, klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4).

Kemudian setting seperti berikut :

Preferred DNS server: 8.8.8.8
Alternate DNS server: 8.8.4.4

4. Jangan gunakan server proxy untuk LAN

Cara Mengatasi Error Connection Refused
Jika sobat tidak dapat membuka situs web apapun setelah menginstall aplikasi VPN atau ekstensi browser,   tekan tombol windows lalu ketika “Internet Options” dan tekan enter dan sekarng beralih ke tab Connections. Di tab itu, sobat klik pada tombol LAN setting. Pastikan menggunakan server proxy untuk opsi LAN sobat tidak dicentang. Jika dicentang, hapus tanda centang tersebut kemudian simpan perubahan.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai  Cara Mengatasi Error Connection Refused pada Google Chrome. Semoga bermanfaat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *