Rabu, 13 Februari 2019

5 Ciri Khusus Hewan Kelelawar dan Fungsinya

Asalamualaikum, postingan ini membahas 5 Ciri Khusus Hewan Kelelawar dan Fungsinya / manfaatnya. Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Kelelawar adalah satu-satunya mamalia akif di malam hari yang dapat terbang dan dapat mendengar dari jarak satu kilometer. Beberapa kekelawaran memakan tumbuhan, buah-buahan daging bahkan darah. Kelelawar terbagi hingga ribuan jenis diantarannya seperti kelelawar telinga panjang, vampir, kelelawar buah, kelelawar ekor tiga dan lain-lain. Kelelawar diprediksi mampu menangkap bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 hz
5 Ciri Khusus Hewan Kelelawar dan Fungsinya

 
Tetapi apakah keberadaan mereka benar-benar penting? Jawaban singkatnya adalah "Ya!" Mamalia terbang ini membawa banyak manfaat bagi ekosistemnya. Lebih dari 50 spesies kelelawar unik hidup di taman nasional, dan berbagai spesies memberikan manfaat berbeda. Beberapa diantaranya bertugas melakukan penyerbukan, ymemakan serangga, atau menjadi mangsa hewan lain, dan lain-lain.

Pneudukung komunitas Gua

Gua adalah ekosistem yang kompleks dan unik yang menyediakan rumah bagi beragam makhluk mulai dari serangga hingga amfibi dan ikan, serta mamalia seperti tikus dan kelelawar kayu. Banyak dari makhluk ini hanya dapat bertahan hidup di dalam gua, dan mereka bergantung pada nutrisi yang dibawa ke gua oleh air atau hewan lainnya. Kelelawar  menyediakan nutrisi penting dalam guano mereka (pupuk yang lebih baik daripada kotoran sapi!) Yang mendukung pertumbuhan komunitas organisme gua.

Kontrol Serangga

Kelelawar yang memakan serangga disebut jenis "pemakan serangga". Mereka makan serangga setiap malam, hal tersebut berguna untuk pengendalian hama setiap tahun di beberapa negara. Ketika kelelawar ada di sekitar untuk memakan serangga, ada lebih sedikit hama serangga yang menyebabkan kerusakan pada tanaman, dan petani tidak perlu berinvestasi sebagai banyak pestisida. 

Penyerbuk

Beberapa spesies kelelawar di daerah tropis dan subtropis di Amerika memakan nektar. Banyak jenis tanaman di wilayah ini mengandalkan kelelawar untuk penyerbukan dan penyebaran benih, seperti agave biru. Di beberapa taman barat daya, kelelawar hidung panjang dan lidah panjang diadaptasi dengan sempurna untuk menyerbuki tanaman ini, dan mereka memberikan nilai yang luas bagi industri pertanian. 

Penyebaran Benih

Kelelawar pemakan buah memainkan peran penting dalam mendistribusikan benih untuk memelihara tanaman dan hutan. Spesies kelelawar ini, sering disebut "rubah terbang" karena ukuran tubuhnya yang lebih besar dan mata yang besar, hidup di daerah tropis dan subtropis di Dunia Lama (Afrika, Asia dan Australia). Kelelawar pemakan buah juga ditemukan di beberapa pulau Pasifik, Amerika Latin, dan Karibia dan hidup di taman nasional  (Guam, Samoa Amerika, dan Kepulauan Virgin!)

Mangsa

Sama seperti beberapa kelelawar bergantung pada ribuan serangga setiap malam untuk bertahan hidup, hewan lain dalam ekosistem mengandalkan kelelawar untuk kalori mereka. Elang, elang, dan burung hantu memakan kelelawar, dan mamalia seperti musang, kucing ringtail, dan rakun terkadang menyerang kelelawar saat mereka bertengger.

Daya tarik wisata

  Percaya atau tidak, kelelawar bisa menjadi daya tarik wisata! Diperkirakan 100,00 orang mengunjungi sebuah jembatan di Austin, Texas untuk melihat ribuan kelelawar yang hidup di bawah jembatan keluar untuk memberi makan setiap malam. Dengan beberapa perkiraan, dan setiaknya menghasilkan $ 10.000.000 dalam pendapatan pariwisata setiap tahun!

Referensi : https://www.nps.gov/ 
5 Ciri Khusus Hewan Kelelawar dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: KOMPUTER MESH

0 komentar:

Posting Komentar