Rabu, 07 November 2018

Pengertian Imigrasi, Emigrasi, Transmigrasi dan Urbanisasi

Materi pembelajaran kali ini akan membahas mengenai pengertian imigrasi, emigrasi, transmigrasi dan urbanisasi beserta contohnya. Tujuan dari pembahasan di blog expandsearchanswers.com adalah agar teman-teman dapat menjelaskan istilah-istilah yang digunakan untuk menggambarkan tentang perpindahan seseorang atau penduduk berdasarkan suatu wilayah atau tempat. Penjelasan di bawah ini tidak perlu panjang lebar, karena tujuan utama saya buat artikel yang terpenting bisa dipahami dengan mudah. Namun apabila terdapat kesalahan baik itu tulisan atau makna, silahkan dikoreksi.

Pengertian Imigrasi, Emigrasi, Transmigrasi dan Urbanisasi


Imigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara  ke negara lain dengan tujuan ingin menetap secara permanen. Contoh orang jepang yang menetap di indonesia atau sebaliknya orang indonesia menetap di jepang secara permanen. sedangkan wisatawan yang berkunjung dalam jangka waktu tertentu tidak dianggap sebagai imigran.

Emigrasi adakah tindakan sesorang untuk meninggalkan negaranya untuk menetapkan dirinya di negara lain. contoh seseorang yang awalnya menetap di indonesia kemudian pergi ke jepang dan  bekerja disana sebagai  Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat  yang penduduknya padat seperi kota ke suatu tempat yang jarang penduduknya (desa).  Transmigrasi (dari bahasa Belanda: transmigratie) yang merupakan sebuah kebijakan pemerintah orde baru yang bertujuan untuk mengurangi kepadatan penduduk dan mengentaskan kemiskinan dengan kesempatan maupun lahan bagi para pendatang di beberapa wilayah. Adapun terdapat istilah transmigran, merupakan istilah yang memiliki arti penduduk yang melakukan transmigrasi tersebut.

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan menetap atau mencari pekerjaan.  Contoh : seseorang yang mencari pekerjaan sesuai dengan bidang yang digelutinnya, akan tetapi pekerjaan yang dicarinya hanya ada di kota sehingga mengharuskan dia pindah dari desa ke kota dan menetap di sana setelah mendapatkan pekerjaan.

Nah, agar lebih efisien dalam segei waktu, perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain  biasanya menggunakan transportasi airtransportasi darat maupun transportasi udara. 

Demikianlah pengertian imigrasi, emigrasi, transmigrasi dan urbanisasi. Semoga bermanfaat, apabila ada pertanyaan silahkan disampaikan melalui komentar.

Pengertian Imigrasi, Emigrasi, Transmigrasi dan Urbanisasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: KOMPUTER MESH