Rabu, 30 Mei 2018

Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal Beserta Contohnya


Hallo, apa kabar semuanya? pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal Beserta Contohnya. Tanpa perlu berpanjang lebar, langsung saja anda simak penjelasan berikut.

Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal Beserta Contohnya
Komunikasi Verbal adalah  komunikasi yang dilakukan secara lisan (oral) atau tertulis (written) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak yang berkomunikasi. Untuk memahami lebih jelasnya silahkan simak contoh komunikasi verbal berikut.
  1. Mendengarkan radio
  2. Berbicara dengan seseorang pada suatu kelompok atau organisasi
  3. Mendengarka radio
  4.  Membaca koran,novel, dan majalah
  5.  Berbicara dengan seseorang melalui telepon
Sadangkan, Komunikasi Non Verbal Adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan bahasa isyarat,  eksperi wajah, bahasa tubuh,  sandi misalnya seperti tersenyum, menggelengkan kepala dan mengangkut badan serta cara berbicara seperti gaya berbicara, intonasi, gaya emosi dan penekanan.


 Dengan komunikasi non verbal seseorang dapat mennyimpulkan mengenai bagaimana perasaan seseorang baik itu rasa sedih, senang, cinta dan rindu serta perasaan-perasaan lainnya. Agar memahami lebih jelas, silahkan simak contoh detail Komunikasi Non Verbal berikut ini.
  • Ekspresi wajah, seperti menangis, senyum, tertawa,dan lain-lain.
  • Bahasa tubuh, seperti menganggukkan kepala,  berjabat tangan, sentuhan, dan bahasa lainya yang diucapkan oleh tubuh, dan lain sebagainya.
  • lambang atau simbol-simbol seperti pakaian seragam yang digunakan seseorang sebagai komunikasi yang menunjukkan identitas dari si pemakai.
 Demikian pembahasan kali ini, jika ada kesalahan dalam penulisan dan penyampaian mohon dikoreksi. Semoga bermanfaat :)

Mungkin kamu juga  tertarik membaca artikel tentang:  Pengertian Denotasi dan Konotasi Beserta Contohnya
Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal Beserta Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: KOMPUTER MESH