Kamis, 30 November 2017

Pengertian hardisk internal dan external beserta fungsinya

Advertisement
Pengertian hardisk internal dan external beserta fungsinya merupakan pembahasan yang akan saya bahas kali ini. Tahukah teman-teman apa itu hardisk? Mungkin bagi seseorang yang sudah lama mengenal tentang komputer khususnya bagi orang IT, hardware yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi mereka. Namun bagi yang baru belajar mengenal hardware atau perangkat keras komputer, khusunya teman-teman yang bersekolah di jurusan komputer dan masih mendapatkan pengetahuan dasar seputar hardware komputer dan belum pernah mengenal sama sekali, istilah hardisk pun akan terasa sangat asing.
Pengertian hardisk internal dan external beserta fungsinya

Sedikit cerita pengalaman saya waktu belajar di smk dulu. Saya sekolah di SMK dan salah satu jurusan yang saya pilih saat itu adalah jurusan TKJ. Dan saya mengambil jurusan tersebut, masuk sebagai siswa TKJ membuat saya minder karena tidak mengetahui sedikit banyak tentang komputer. Beberapa teman-teman saya yang sekelas dengan saya ada yang memang sudah ahli dalam komputer.

Pelajaran pertama kalipun dimulai, waktu itu disuruh menebak nama-nama perangkat. Ketika saya ditunjuk untuk menyebutkan nama-nama perangkat, akhirnya saya bingung dan saya sebutkan atau jawab saja secara asal dan pastinya teman-teman sudah tahu apa hasil dari jawab saya dan hasilnya adalah salah. Iya salah, saya justru menyebutkan nama perangkat lain. Berbeda dengan teman saya yang memang sudah jago, semua nama perangkat dapat dia sebutkan tanpa salah sedikitpun.

Akhirnya, dari situ saya mulai giat belajar agar dapat mengimbangi dan lebih-lebih dapat menyaingi (dalam hal postitif tentunya). Saya membaca-baca buku tentang komputer dimulai dari pembelajaran dasar yaitu mengenal nama-nama perangkat beserta kegunannya. Singkat waku, seiring berjalannya waku ada progress dalam nilai saya dan bahkan untuk nilai praktek saya nyaris sempurna. Bukan nilai yang menjadi prioritas saya, tapi bagaimana ilmu yang telah saya peroleh dapat diimplemetasikan dan bermanfaat untuk hidup saya kedepan.

Dan, setelah belejar tentunya saya sudah dapat mengetahui nama-nama hardware komputer beserta fungsinya. Jadi sebenarnya cerita saya cukup panjang dan mungkin menarik untuk dituliskan di blog ini, nah untuk menyingkat waktu saja saya ringkas sehingga tak terlau panjang dalam membacanya. Intinya, bagi teman-teman yang minder atau tidak yakin dengan jurusan yang dipilih, saran saya teruslah belajar hingga kalian menyukai pelajaran tersebut. Jika kalian sudah menyukainya, pastilah kalian akan menguasainnya. Insyaallah

Nah, Sesuai dengan judul artikel kali ini saya akan menjelaskan hardisk internal dan eksternal. Dari penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini, saya yakin teman-teman akan mengetahui penjelasan tersebut beserta perbedaan di antara keduannya. Mari simak di bawah ini.

Pengertian Hardisk
Secara umum, hardisk atau hard drive merupakan salah satu hardware yang ada pada perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data. Adapun ukuran hardiskpun sangat beragam dari yang berkapasitas MB hingga sekarang ini, hardisk bahkan memiliki ukuran TB (Tera Byte) yang tentunya mampu menampung banyak data.

Pengertian hardisk internal dan external

Hardisk internal adalah perangkat penyimpanan utama yang berada di dalam sistem komputer. Biasanya berisi aplikasi perangkat lunak pra-instal, sistem operasi dan file lainnya. Sebagian besar komputer desktop memiliki beberapa hardisk internal, memungkinkan mereka menyediakan penyimpanan data yang lebih besar. Di sisi lain, komputer laptop hanya bisa menampung satu hardisk internal, memaksa pengguna untuk menambahkan perangkat penyimpanan eksternal agar dapat menyimpan data yang melebihi kapasitas internal laptop.

Hardisk external adalah perangkat penyimpanan tambahan dan bukan menjadi perangkat utama. Artinya tanpa perangkat ini komputer tetap dapat berjalan normal. Karena perangkat ini berfungsi sebagai media tambahan yang fungsinya sebenaranya hampir sama, namun perangkat ini lebih fleksibel karena bisa dipasang dan dicopot tanpa harus membongkar casing komputer.

Jika, teman-teman masih bingung dengan penjelasan di atas, saya akan berikan contoh yang mungkin lebih mudah dipahami. Tahukah teman-teman pada smartphone kamu terdapat memori internal dan kemungkinan kamu juga memiliki memori eksternal. Memori internal pada smartphone kamu, bisa kamu lihat pada file manager dan biasanya terdapat paling atas. Sedangkan memori eksternal biasanya terletak di bawah memori internal pada file manager. Nah, memori eksternal adalah seperti SD Card / memory card.

Itulah Pengertian hardisk internal dan external beserta fungsinya. Jika masih kurang jelas, kamu dapat menanyakan melalui komentar di bawah ini.
Advertisement
Pengertian hardisk internal dan external beserta fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Murod Alfarisi

0 komentar:

Posting Komentar