Jumat, 20 Oktober 2017

Cara Mengatasi Device Manager yang Hilang pada Laptop

Advertisement
Cara Mengatasi Device Manager yang Hilang pada Laptop maupun PC- Device manager adalah system tools bawaan windows yang mempunyai fungsi untuk melakukan mengelola dan mengidentifikasi hardware beserta driver yang dibutuhkan. Device Manager mampu mengidentifikasi hardware dan driver yang sesuai dengan kebutuhan hardware tersebut, jika tidak sesuai atau belum terinstall maka akan menampilkan tanda khusus bahwa hardware tersebut membutuhkan driver agar terinstall dengan benar. Jika tidak ada peringatan berarti menandakan driver tersebut telah sesuai dengan hardware yang terpasang di komputer baik hardware internal maupun eksternal.

Nah, pernakah teman-teman mengalami Device Manager hilang atau kosong (tidak menampilkan apa pun)? Jika saat ini sobat mengalami masalah tersebut, maka tidak perlu khawatir karena di sini saya ada solusinya. Nah, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Mengaktifkan Plug and Play Windows Service

Agar device manager dapat berfungsi dengan baik, maka layanan Plug and Play harus dalam keadaan aktif atau enable. Jadi, untuk memasikanya, silahkan tekan tombol windows + R  secara bersamaan pada keyboard lalu ketik services.msc pada RUN yang terbuka dan tekan Enter untuk membuka Windows Services Manager. Setelah itu scroll ke bawah dan temukan Plug and Play Cara Mengatasi Device Manager yang Hilang  pada laptop Klik dua kali dan pastikan Type Startup diatur ke Otomatis dan klik Start jika layanan tidak berjalan. 

2. Melakukan konfigurasi pada registry

Cara Mengatasi Device Manager yang Hilang pada Laptop
Langkah pertama silahkan buka run (tekan windows + R). Selanjutnya ketikan regedit di dalamnya lalu tekan enter. Setelah terbuka silahkan akses ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Enum Di sini, klik kanan pada Enum lalu pilih Permissions. Jika pada kotak daftar, Group or Username nya kosong, maka dapa dipastikan itu yang menjadi penyebabnya karena seharusnya terdapat dua nama pada kotak tersebut yaitu System and Everyone.
  • Klik tombol Add dan ketik Everyone dan klik OK. kemudian, pilih kotak 'Allow' yang ditandai dengan opsi 'Read'.
  • Setelah selesai, klik Add again dan ketik System. Centang kotak 'Allow' di sebelah 'Baca' dan 'full control' untuk 'Sistem'. Seharusnya terlihat seperti ini:
Terakhir, silahkan restart komputer kamu.

Baca juga : Cara Mengatasi Error Connection Refused pada Google Chrome

Demikianlah Cara Mengatasi Device Manager yang Hilang pada Laptop. Jika cara di atas masih belum berhasil menampilkan device manager yang kosong atau hilang, maka saya sarankan kamu untuk berkomentar supaya nanti saya dapat memberikan solusi lain yang mungkin akan membantu.
Advertisement
Cara Mengatasi Device Manager yang Hilang pada Laptop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agus Murod Alfarisi

0 komentar:

Posting Komentar